Makalah Pentingnya Customer Service Dalam Perusahaan BAB III
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Berdasarkan uraian dan pembahasan yang telah dikemukakan pada bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
- Pengertian customer service adalah sebuah unit kerja yang bertugas untuk melayani customer (pelanggan) atau calon customer dengan layanan terbaik, sehingga dengan layanan itu diharapkan customer memperoleh informasi atau layanan jasa sesuai dengan yang diinginkannya.
- Tugas customer service adalah memberikan layanan informasi kepada customer. Menurut Kasmir dalam bukunya Manajemen Perusahaan Retail, tugas customer service adalah sebagai receptionist, deksman, salesman, customer service relation officer dan comunicator.
- Peranan customer service adalah memberikan pelayanan yang terbaik pada customer yang ingin bertransaksi dengan perusahaan.
- Seorang customer service dalam melaksanakan tugasnya haruslah terlebih dahulu memahami pekerjaan yang akan diembannya terutama yang berkenaan dengan pelayanan terhadap customer. Syarat menjadi customer service yang baik menurut Kasmir harus memenuhi dasar-dasar pelayanan, yaitu: Berpakaian serta berpenampilan rapi dan bersih, Percaya diri, Senantiasa Menyapa dengan lembut, Tenang, sopan, hormat, tekun mendengarkan setiap pembicaraan yang disampaikan oleh customer, berbicara dengan bahasa yang baik dan benar, Semangat, Jangan Menyela, Mampu meyakinkan customer, Jika tidak sanggup menangani permasalahan yang ada minta bantuan dan Bila belum dapat melayani beritahukan kapan akan dilayani.
- Dalam menanggapi keluhan pelanggan Menurut Handoko sebagai berikut:
a. Mengucapkan terima kasih
b. Mengucapkan maaf
Daftar Pustaka
Barata, Adya. How To Be Better As Customer Service. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, 2005.
Handoko. Customer Service Berkualitas. Jakarta: CSG-KPO, 2005.
Kasmir. Etika Customer Service. Jakarta: PT. Raja Granfindo Persada, 2006.
Kasmir. Manajemen Perusahaan Retail. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.
0 Response to "Makalah Pentingnya Customer Service Dalam Perusahaan BAB III"
Post a Comment