Makalah Pentingnya Customer Service Dalam Perusahaan BAB 1



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan dunia usaha saat ini, pertumbuhan perekonomian di bidang usaha retail semakin berkembang pesat. Usaha retail tidak dapat dilepaskan dari penjualan produk, pelayanan dan fasilitas pendukung. Dengan semakin banyaknya usaha retail menimbulkan persaingan antar usaha sejenis, sehingga memungkinkan tiap-tiap usaha retail tersebut untuk saling bersaing dibidang usahanya masing-masing. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan persaingan dan mutu perusahaan ialah dalam hal pemberian fasilitas dan pelayanan kepada konsumen. Perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada konsumen. Sebagai contoh pemberian pelayanan yang baik, profesional dan harga yang terjangkau. Hal ini akan menjadi nilai saing pada bidang usaha sejenis.

Apabila pelayanan yang diberikan kurang baik, tidak profesional dan harga yang mahal terlebih lagi dengan fasilitas pendukung yang kurang baik juga. Hal ini akan membuat konsumen beralih ke pesaing usaha sejenis. Pemberi fasilitas dan pelayanan yang baik oleh suatu perusahaan akan menjadi nilai yang sangat berarti bagi perusahaan tersebut. Konsumen akan memandang harga sebagai hal kedua, apabila nilai pelayanan yang diterima memiliki kualitas yang tinggi dan baik.

Perusahaan saat ini tidak hanya berorientasi pada keuntungan, tetapi lebih menekankan kepada pemberi fasilitas dan layanan yang memuaskan kepada pelanggan dan pemberi harga yang tepat. Dengan memberikan pelayanan yang prima dan harga yang tepat akan membangun citra baik dimata konsumen, dan akan memberikan nilai tambah untuk mengurangi kegiatan pemasaran sehingga berakibat baik untuk peningkatan nilai jual perusahaan itu sendiri. Dalam menjalankan kegiatan pelayanan, terjadi berbagai macam kondisi dan tuntunan dalam pelaksanaan pelayanan kepada pelanggan. Kondisi dan situasi yang terjadi pada umumnya menunjukan keseimbangan antara kepuasan dan ketidakpuasan atas pelayanan yang telah diterima pelanggan.

Adapun arti pentingnya pelayanan bagi perusahaan retail adalah agar para pelanggan tidak berpindah kepada pesaing usaha sejenis. Karena itu dibutuhkan customer service yang handal dan mampu memberi layanan terbaik kepada pelanggan atau konsumen, sehingga mereka merasa puas akan layanan dari perusahaan. Didalam makalah ini akan dibahas bagaimana tugas dan tanggung jawab seorang customer service yang baik serta bagaimana memberikan layanan terbaik agar pelanggan merasa puas dan tidak berpindah kepesaing. 
1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut diatas, maka rumusan masalah adalah sebagai berikut: 

1. Apa Pengertian Customer Service?
2. Apa Saja Tugas Customer Service?
3. Apa Saja Peranan Customer Service?
4. Apa Saja Syarat Menjadi Customer Service yang Baik?
5. Apa Pengertian Kepuasan Pelanggan?
6. Bagaimana Menangani Keluhan Pelanggan? 



0 Response to "Makalah Pentingnya Customer Service Dalam Perusahaan BAB 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel